ayo buat website

BB Perjuangan Desak Inspektorat Segera Umumkan Temuan Keuangan Desa 2016-2020

Info Daerah - Sabtu, 26 Juni 2021 - 17:52 WIB
BB Perjuangan Desak Inspektorat Segera Umumkan Temuan Keuangan Desa 2016-2020
Ketua BB Perjuangan ()
Penulis
|
Editor

INFODAERAH.COM, LEBAK – Sejumlah penggiat sosial mendesak agar Pemkab Lebak melalui inspektorat mengumumkan rekapitulasi temuan pengelolaan keuangan desa periode 2016 – 2020, karena ada kaitannya dengan Pilkades serentak.

Menurut para penggiat sosial tersebut, karena surat keterangan lulus temuan inspektorat menjadi salah satu syarat bagi calon petahana untuk bisa mencalonkan diri lagi, maka sangat penting diberikan ruang kepada publik untuk bisa ikut mengawasi agar ketentuan Perbub No 11 tahun 2021 bisa terpenuhi tanpa ada penyimpangan atau pun kongkalingkong oknum.

Ketua Umum DPP Ormas Badak Banten Perjuangan, H. Eli Sahroni mengapresiasi Pemkab Lebak dalam Perbub No 11 tahun 2021 yang merupakan aturan pelaksanaan Pilkades serentak 2021, memasukkan syarat agar Kepala desa inkumben membereskan temuan keuangannya.

BACA JUGA :

“Sepakat, kepala desa incumbent harus membereskan dulu temuan inspektorat dan BPK. Kembalikan dulu uang yang terpakai dan belum dipertanggungjawabkan dengan baik, silahkan setelah clear tidak ada lagi masalah temuan maju lagi, ” kata Ketua Umum DPP Ormas Badak Banten Perjuangan, Eli Sahroni melalui sambungan selularnya.

Kata Eli Sahroni, Inspektorat Lebak juga harus mengumumkan di publik, melalui surat, selebaran, poster, media massa tentang rekap temuan dari tiap-tiap desa selama kurun waktu 2016-2020 masyarakat tau dan bisa ikut mengawasi.

Tandas Eli, sangat penting inspektorat mengumumkan rekap temuan dari tiap-tiap desa selama kurun waktu 2016-2020 untuk menghindari dan mencegah adanya prasangka buruk dan kemungkinan terjadinya kongkalingkong antara oknum kades dan oknum di inspektorat selaku yang penerbit surat keterangan lulus temuan.

“Umumkan saja, toh keuangan desa itu uangnya rakyat, tak perlu ditutup-tutupi. Ada temuan ya tentu harus diselesaikan. Tidak diselesaikan temuannya ya pasti ada konsekuensi, tidak bisa nyalon lagi, dan terjerat hukum,” kata Eli Sahroni.

Senada dengan Eli Sahroni, Ketua Komunitas Aspiratif (Komunas), Dede Suherli juga mempunyai keinginan yang sama. Dia meminta agar Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) dan Inspektorat Lebak mengumumkan jumlah temuan inspektorat di desa 266 desa yang akan mengikuti Pilkades serentak 2021.

Halaman:
1
2
3

Tinggalkan Komentar

DKPP KABUPATEN LEBAK MENGUCAPKAN SELAMAT HARI JADI KABUPATEN LEBAK KE-194

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LEBAK MENGUCAPKAN SELAMAT HARI JADI KABUPATEN LEBAK KE-194

DINAS SATPOL PP KABUPATEN LEBAK MENGUCAPKAN SELAMAT HARI JADI KABUPATEN LEBAK KE-194

KANTOR KESBANGPOL KABUPATEN LEBAK MENGUCAPKAN SELAMAT HARI JADI KABUPATEN LEBAK KE-194

Close Ads X