Ngobrol Bareng Surya Sahetapy, Heri Koswara Harap Perhatian Pemerintah terhadap Kaum Disabilitas Lebih Baik

Info Daerah - Kamis, 25 November 2021 - 00:42 WIB
Ngobrol Bareng Surya Sahetapy, Heri Koswara Harap Perhatian Pemerintah terhadap Kaum Disabilitas Lebih Baik
 ()
Penulis
|
Editor

Di Amerika Surya berkuliah di RIT (Institut Teknologi Rochester), National Technical Institute for the Deaf, Amerika Serikat.

Ia meraih predikat cum laude dengan gelar diploma (D3) pada tahun 2019 jurusan Applied Liberal Arts, Yang berkonsentrasi pada Bahasa Isyarat dan Kajian Tuli.

Surya pun menyelesaikan pendidikannya untuk meraih gelar sarjana (S1) Studi Internasional di institut yang sama dengan predikat Magna Cum Laude.

Mendengar kisah Surya, Heri mengatakan bahwa orang-orang di luar sana seharusnya bisa mengambil pelajaran bahwa keinginan yang kuat dan usaha yang optimal mampu membawa pada jalan kesuksesan.

“Sahabat bang HK dari sini kita belajar bahwa dalam keterbatasan kita bisa tingkatian kepercayaan diri penuh semangat tidak malu,

kalau anak-anak semua rekan-rekan yang normal kemudian malas belajar,

maka menjadi hal yang sangat tidak pantas. Oleh karena itu pembelajaran yang pertama yang bisa kita ambil dari Kak Surya ini siapapun yang semangat,

walaupun dalam keterbatasan pasti akan diberikan kesuksesan oleh Allah subhanahu wa ta’ala,” imbuh Heri.

Saat di tanya soal keberpihakan pemerintah Amerika terhadap kaum tuli, atau kaum disabilitas pada umumnya Surya yang saat ini sedang menempuh kuliah Pendidikan Tuli,

menyatakan keberpihakan pemerintah di sana kepada kaum disabilitas sangat luar biasa, serba difasilitasi. Kalau di Indonesia, kata Surya, sepertinya kaum disabilitas masih ekslusif.

Halaman:
1
2
3
4

Tinggalkan Komentar

Close Ads X