Pj. Bupati Bekasi Serahkan LKPD Unaudited TA 2023 kepada BPK Perwakilan Jabar

Info Daerah - Kamis, 28 Maret 2024 - 22:48 WIB
Pj. Bupati Bekasi Serahkan LKPD Unaudited TA 2023 kepada BPK Perwakilan Jabar
 (Info Daerah)
Penulis
|
Editor

INFODAERAH.COM, BANDUNG – Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan secara resmi menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bekasi Tahun Anggaran 2023 Unaudited kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Jawa Barat, di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, pada Kamis (28/3).


Penyusunan dan penyerahan LKPD kepada BPK setiap tahunnya merupakan kewajiban para Pemerintah Daerah atas hasil penyelenggaraan serta pengelolaan keuangan daerah untuk diperiksa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Dengan diterimanya LKPD Unaudited, maka BPK Perwakilan Jawa Bart akan menindaklanjuti dengan segera menugaskan tim pemeriksa untuk melaksanakan pemeriksaan terinci.
Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bekasi, serta Kepala Daerah se-Jawa Barat.


“Hari ini kita secara resmi menyerahkan LKPD Tahun 2023 Unaudited untuk diperiksa secara rinci oleh BPK Republik Indonesia. Tentu ini menjadi kewajiban kita sesuai amanat Undang-Undang,” ucap Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan.


Ia menjelaskan, Pemkab Bekasi sebelumnya telah melakukan pengumpulan dokumen dan kelengkapannya, sehingga dalam waktu satu bulan ke depan akan dilakukan pemeriksaan oleh BPK RI yang menghasilkan opini dan rekomendasinya atas laporan keuangan untuk dapat ditindaklanjuti.


“Nanti BPK akan lakukan pemeriksaan dan mengeluarkan opini, baru nanti temuan tersebut akan disampaikan untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.


Dari hasil pemeriksaan tahun sebelumnya, dimana Pemkab Bekasi berhasil menyelesaikan tindaklanjut rekomendasi yang presentasinya cukup tinggi di atas rata-rata nasional. Ia optimis LKPD TA 2023 akan mendapatkan hasil terbaik sesuai target.


“Dari hasil pemeriksaan tahun sebelumnya kita tindaklanjutnya cukup tinggi lebih di atas rata-rata nasional, lalu tingkat pengembaliannya juga sudah di atas 90 persen, itu diapresiasi oleh BPK RI Jawa Barat, tentunya ini harus jadi semangat bagi kita semua,” ungkapnya. (ADV)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X