ayo buat website

Bupati Lebak Minta Kades Terpilih Bisa Gali Potensi Desa

Info Daerah - Minggu, 13 November 2022 - 21:41 WIB
Bupati Lebak Minta Kades Terpilih Bisa Gali Potensi Desa
 (Info Daerah)
Penulis
|
Editor

INFODAERAH.COM, LEBAK – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meninjau langsung tempat pemungutan suara di tiga desa dalam rangka monitoring pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2022 di Kabupaten Lebak, Minggu (13/11/22).

Monitoring dilakukan di TPS 10 Desa Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung, TPS 01 Desa Mekaragung, Kecamatan Cibadak dan TPS 02 Desa Sindangsari, Kecamatan Warunggunung.

Disela-sela monitoring Iti mengatakan, monitoring ini dalam rangka memastikan penyelenggaraan Pilkades berjalan lancar, tertib dan aman.

“Yang pertama, bahwa seluruh penyelenggaraan Pilkades di 65 desa dalam keadaan siap semua, selanjutnya kami harapkan penyelenggaraan Pilkades ini berjalan aman, kondusif, tidak ada masalah dan saya harapkan adalah partisipasi publiknya karena itu bagian dari pendidikan politik juga bagian dari kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah,” kata Iti.

Bupati Iti berpesan kepada Kepala Desa yang terpilih nanti agar dapat mengenali potensi yang ada di Desanya masing-masing.

“Kalau Desa maju, maka daerah ini pun akan maju. Untuk itu Desa harus betul-betul mengenali potensi-potensi yang dimiliki baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia serta dapat mensinergikan antara desa dengan pemerintah daerah,” papar Iti.

Iti juga meminta kepada masyarakat agar tidak terpecah belah akibat perbedaan pilihan pada Pilkades ini.

“Saya berharap siapapun kepala desa yang terpilih, itulah pemimpin masyarakat di desa dan harus didukung secara bersama-sama,” pesan Iti.

Menurut dia, perbedaan dukungan selama ini hanya proses dari demokrasi, sebab siapapun yang terpilih itulah pemimpin yang diridhai oleh Allah SWT.

“Saya melihat secara umum, Pilkades ini berjalan dengan baik, aman dan kondusif,” kata Iti.

Sementara itu, Kabid pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa (P3D) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lebak menambahkan, setelah pemilihan atau pemungutan suara, tahapan selanjutnya tanggal 14-16 panitia pemilihan melaporkan hasil pemungutan suara kepada BPD masing-masing desa mengenai calon kepala desa terpilih. Selanjutnya tanggal 17-19 BPD melaporkan kepada bupati melalui camat setempat.

“Adapun penyelesaian perselisihan hasil pemilihan, ada waktu maksimal 30 hari sejak ditetapkannya Cakades terpilih yakni 13 November sampai 13 Desember 2022,” ucap Diki.(adv)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X