oleh

Puluhan Hektar Sawah Tidak Bisa Digarap, Petani Minta Pemkab Lebak Memikirkan Nasibnya

INFODAERAH.COM, LEBAK – Banyaknya penambang pasir di wilayah Cimarga. Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengakibatkan puluhan Hektar Sawah milik warga tidak bisa digarap karena terdampak limbah tambang galian pasir.

Seorang Petani bernama, H. Evi mengatakan bahwa sawahnya seluas 2 hektar tidak dapat digarap lagi akibat limbah yang dihasilkan penambangan pasir.

“(Sawah) Tidak bisa digarap lagi karena habis sama limbah. Ditanami juga gak bisa, padahal dulu bisa ditanami kacang, sekarang gak bisa,” ungkapnya. Jum’at (2/4/21)

BERITA SEBELUMNYA :

Lima Tambang Pasir di Cimarga Terancam Ditutup

Tetap Langgar Peraturan, Dewan Akan Tutup Lima Tambang Pasir di Cimarga

Tiga Poin yang Disepakati Belum Dilakukan, Siap-siap Lima Tambang Pasir di Cimarga Akan Dicabut Izinya

H. Evi juga menuturkan terhitung sudah enam tahun dimualainya masa penambangan, pihaknya hanya mendapat kompensasai sebesar 500 ribu.

“sebenernya (kompensasi) itu tidak memadai, karena penghasilan dari sawah itu 70 karung setiap panen,” terang H. Evi.

Jumlah tersebut tentu tidak menutup kerugian kehilangan mata pencaharian bagi masyarakat setempat. Akibatnya masyarakat kehilangan lahan berkebun bahkan sekedar sayur mayur untuk dikonsumsi pribadi pun lahan tidak bisa berfungsi lagi sebagaimana mestinya

H. Evi menyayangkan tidak adanya respon pemerintah dalam menaggapi hal ini, Ia sebagai rakyat keciil kebingungan kepada siapa hendak mengadukan hal ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed