Pemkab Bekasi Menerim Bantuan dari BNPB Untuk Tangani Korban Banjir

Info Daerah - Kamis, 2 Maret 2023 - 11:16 WIB
Pemkab Bekasi Menerim Bantuan dari BNPB Untuk Tangani Korban Banjir
 (Info Daerah)
Penulis
|
Editor

INFODAERAH.COM, KABUPATEN BEKASI  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menerima bantuan penanganan banjiir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp 350 juta.

Bantuan tersebut berupa paket Dana Siap Pakai (SDP) senilai Rp 250 juta rupiah serta paket bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) senilai Rp 100 juta rupiah.

Bantuan tersebut diterima secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi di Masjid Al-Jihad Perumahan Puri Nirwana Residence (PNR) Desa Sukaraya, Kecamatan Karangbahagia pada rabu (01/03).

Baca berita : Sekda Dedy Supriyadi Dampingi Mentan RI Tinjau Sawah Terdampak Banjir di Tambelang

Sekda Kabupaten Bekasi Dedy Supriadi menjelaskan, bantuan itu merupakan perhatian dari BNPB pasca ditetapkannya status tanggap darurat bencana di Kabupaten Bekasi. Bantuan tersebut akan didistribusikan ke 18 kecamatan yang terdampak banjir.

“Setelah ditetapkan tanggap darurat, bahwasannya banyak sekali perhatian dan juga bantuan-bantuan diperuntukan ke Kabupaten Bekasi. Karena berdasarkan surat keputusan Bupati Bekasi akan status tanggap darurat bencana itu masih ada 18 kecamatan yang terdampak banjir,” jelas Dedy Supriadi.

Salah satunya yaitu di Perumahan Puri Nirwana Residence (PNR) Desa Sukaraya Kecamatan Karangbahagia. Di sini masih ada sejumlah warga yang mengungsi ketempat lebih aman karena tempat tinggalnya masih terendam banjir.

Baca berita : Sekda Pimpin Rakor LKPJ Bupati Bekasi Tahun 2022

Dedy mengatakan, Pemda Kabupaten Bekasi sudah berupaya memanggil dua pengembang di Kecamatan Karangbahagia yaitu Villa Kecana dan Puri Nirwana. Kedua pengembang akan diminta untuk menyediakan sumur retensi serta embung agar meminimalisir tingginya volume air ketika memasuki musim penghujan.

Atas bantuan yang diterima Pemkab Bekasi dari BNPB, Dedy menyampaikan ucapan terimakasihnya.

Baca berita : Pj Bupati Bekasi Berikan Penghargaan Pada ASN Berprestasi

“Ini kita patut syukuri mudah-mudahan bantuan dari pemerintah pusat bisa bermanfaat bagi warga kami yang terkena dampak banjir,” katanya.

Direktur Fasilitasi Penanganan Korban dan Pengungsi Pusat BNPB Yus Rizal mengatakan, penyaluran bantuan tersebut adalah sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat Kabupaten Bekasi yang terdampak bencana. BNPB Juga telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bekasi agar selalu siap membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bekasi untuk memberikan pelayanan masyarakat yang terkena bencana serta selalu siap,” harapnya.

Acara tersebut dihadiri Anggota DPR Komisi VIII Obon Tabroni, Camat Karangbahagia Karnadi serta Kepala Desa Sukaraya Dano Sumarno.(Martinus)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X